Belajar Multimedia

All in One

Ganti Latar Foto

Perlu diketahui, saya akan berbagi ilmu-ilmu saya di blog ini secara bertahap karena pengalaman saya sekolah di bidang informatika, masih ada teman-teman yang tidak mengetahui teknik-teknik memanipulasi gambar walaupun itu adalah teknik paling dasar.

Mengubah background foto

Mengubah background foto adalah pekerjaan dalam mengedit foto yang paling sering dilakukan oleh pemula. Dari warna background sampai gambar background, sehingga seolah-olah foto tersebut berada di suatu wilayah tertentu. Oke dechh,, gak usah berlama-lama, ayo kita langsung lihat dan praktekkan caranya.

Cara ini menggunakan software Adobe Photoshop, jadi yang perlu kalian persiapkan adalah, komputer/laptop, software photoshop, foto-foto yang akan di edit. Kali ini saya akan mengganti latar foto dengan warna.

Pertama kita buka program adobe Photoshop kemudian masukkan foto yang akan di ubah warna latarnya, dengan memilih File>Open (Ctrl+O). Jika sudah maka foto akan muncul pada area kerja photoshop.

Kali ini saya akan mengubah foto latar merah, menjadi latar biru.

Kita seleksi bagian yang berwarna merah menggunakan Polygonal Lasso Tool (L), atau bisa juga dengan menggunakan Magic Wand Tool (W). Perbedaannya, jika anda menggunakan Poligon Lasso Tool anda akan menyeleksi secara manual, tetapi jika anda menggunakan Magic Wand Tool, objek akan terseleksi secara otomatis dengan mengikuti pola warna.
Kebetulan objek yang akan diseleksi memiliki satu warna yaitu merah, maka saya akan menggunakan Magic Wand Tool. Apabila objek yang diseleksi memiliki kontur warna yang berbeda, saya menyarankan untuk memakai Polygonal Lasso Tool.

Setelah objek merah diseleksi, sekarang kita ubah dengan warna biru dengan Brush Tool

Kemudian ganti warna brush tool dengan mengklik Set Foreground Color, dan memilih warna yang diinginkan, kemudian OK.

Jika sudah, maka warna pada Set Foreground Color akan berubah menjadi warna yang di pilih tadi

Selanjutnya kita akan memulai proses pewarnaan dengan mengklik mouse diatas objek yang diseleksi

Warnai sampai penuh, atau warna merah tertutup dengan warna biru. Untuk lebih cepat anda juga bisa menggunakan tool  Paint Bucket Tool (G).

Jika sudah penuh, hilangkan garis-garis seleksi dengan menekan Ctrl+D

Jika di perhatikan dengan teliti, warna merah masih terlihat di pinggir-pinggir objek

Untuk menghindari hal itu, bisa dengan menggunakan cara ini

Seleksi objek warna biru dengan Magic Wand Tool (W), kemudian di menu Select  > Modify  > Expand, kemudian atur besar angkanya. Saya mengisi dengan angka 3 (Pengaturan besaran angka tergantung dari besar foto). Setelah itu OK.

Untuk memperhalus lagi, pilih menu  Select  > Modify  > Feather (Alt+Ctrl+D), kemudian atur besaran angkanya. Saya mengisi dengan angka 2 (Pengaturan besaran angka tergantung dari besar foto). Setelah itu OK.

Kemudian warnai lagi bagian yang diseleksi tadi dengan menggunakan Brush Tool atau Paint Bucket Tool .

Jika sudah, maka hasilnya akan seperti ini

Jika anda adalah pemula, saya tidak menyarankan anda memilih foto dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Misalkan pada foto terdapat beberapa rambut yang berdiri. Kondisi foto seperti itu akan menyulitkan anda, apalagi jika anda adalah pemain baru di program Adobe Photoshop.

Terakhir, simpan foto yang sudah anda edit dengan cara: File > Save As. 

Pada kotak dialog save as, terdapat 5 bagian utama yaitu:

  1. Untuk memilih folder tempat  file  akan diletakkan
  2. File name: Memberikan nama file yang akan di simpan
  3. Format : Untuk memilih jenis file, misal: psd, png, jpg, dll.
  4. Save: Untuk menyimpan
  5. Cancle untuk membatalkan

Yang umum digunakan dalam penyimpanan gambar adalah dengan format PSD dan JPEG. Perbedaannya, jika format PSD, file tersebut kembali bisa di edit tetapi hanya akan bisa dibuka pada program Adobe Photoshop.  Jika JPEG, hampir semua perangkat akan menerima file ini. JPEG adalah format gambar yang paling umum digunakan di dunia.

Kalau saya, menyimpan file saya dengan kedua format ini, karena format JPEG akan saya gunakan untuk saya upload ke internet seperti Facebook, dan PSD untuk jaga-jaga jika saya ingin mengedit lagi.

Selanjutnya kita akan mempelajari tentang cara mengubah latar foto dengan foto lain, misalkan pemandangan, untuk itu terus kunjungi blog ini. OK :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.365 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: